Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian dan Contoh Struktur Navigasi


Struktur navigasi
Navigasi merupakan struktur terpenting di dalam pembuatan suatu aplikasi multimedia dan digunakan sebagai penuntun alur sebuah aplikasi atau  dapat juga disebut diagram alur dalam perancangan bahasa pemrograman. Struktur navigasi berfungsi untuk menggambarkan dengan sangat jelas rancangan hubungan dan rantai kerja dari beberapa arca yang berbeda dan dapat  membantu mengorganisasikan seluruh elemen aplikasi multimedia dengan pemberian perintah dan pesan.
Dengan penggambaran struktur navigasi,memberikan kemudahan dalam menganalisa keinteraktifan seluruh objek dalam aplikasi multimedia.
Jenis struktur navigasi dapat dikelompokkan menjadi 4 struktur yang berbeda yakni:
1. Struktur navigasi Linier
            Struktur navigasi linier merupakan struktur navigasi yang hanya mempunyai 1 rangkaian cerita yang terurut dan tidak diperkenankan adanya percabangan dan cocok digunakan untuk presentasi multimedia yang btidak terlalu mwembutuhkan interaktifitas.Tampilan yang ditampilkan adalah satu halaman sebelumnya atau sesudahnya.





2.Struktur navigasi Hirarki
            Struktur navigasi hirarki di sebut juga struktur navigasi bercabang,merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada menu utama disebut master page (halama utama satu) halaman satu ini akan memiliki halaman percabangan yang disebut slave paage (halaman pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua begitu seterusnya. Berikut contoh gambarnya:






3. struktur navigasi non linier
            struktur navigasi non linier (tidak berurutan)merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier, pada struktur navigasi inidiperkenankan membuat struktur nvigasi bercabang. Percabangan ini berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki. Pada percabangan ini walaupun terdapat banyak percabangan tetapi tiap-tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama,sehingga tidak dikenal adanya master atau slave page. Berikut contoh gambarnya :







4. Struktur navigasi Campuran
            Struktr navigasi campuranmerupakan gabungan dari ketiga struktur navigasi sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas. Struktur navigasi ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia sebab dapat memberikan keinteraksian yang lebih tinggi. Berikut contoh gambarnya:

           

3 komentar: